Pages

Tuesday 20 December 2011

LKMM Pra-TD ITS

Hai Pemenang!

LKMM Pra-TD atau Latihan Kemampuan Management Mahasiswa Pra Tingkat Dasar adalah sebuah pelatihan tingkat paling dasar untuk memanagemen diri mahasiswa. ITS mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk mengikuti pelatihan ini sebagai syarat kelulusan dari kampus pejuangan ini. Setiap fakultas memiliki waktu yang berbeda dengan fakultas lainnnya dalam mengadakan LKMM Pra-TD ini.

Jurusan Sistem Informasi (SI) dan Teknik Informatika (TC) yang berada dalam naungan Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) melaksanakan kegiatan ini dalam 2 tahap. Tahap pertama diadakan pada hari Sabtu, 26 November 2011. Tahap kedua dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Desember 2011 dan Minggu, 11 Desember 2011. Keduanya memiliki kegiatan yang berbeda.

Pada hari Sabtu, 26 November 2011 itu mahasiswa baru SI sudah berkumpul di parkiran SI pukul 06.00. Sementara mahasiswa TC menyusul ketika upacara pembukaan akan diadakan. Acara pembukaan dimulai pada pukul 07.30 di SI. Hari itu acaranya adalah game simulasi. Setiap mahasiswa berkumpul sesuai kelasnya, kelas 1 - 13. Namun untuk kelas 13 dipecah dan digabung ke kelas 1 hingga 12. Tengah hari acara hari itu diakhiri. Namun kami diberi tugas membuat jargon dan yel-yel kelas serta lambang FTIf.

Acara dilanjutkan 2 minggu kemudian. Hari Sabtu, 10 Desember 2011 terlihat para maba FTIf berkumpul di parkiran SI sejak pukul 05.30. Banyak mahasiswa mengenakan pakaian kemeja putih, bawahan rok hitam untuk cewek dan celana kain hitam untuk cowok, diikuti sepatu van tovel dan jas almamater ITS seperti 2 minggu lalu. Semua maba menyiapkan yel-yel dan jargon kelas masing-masing. Kali ini kelas 13 berkumpul sesuai kelasnya sendiri. Langsung dilanjutkan menyanyikan yel-yel komunal.



Jam 07.30 semua mahasiswa dikumpulkan di plaza SI untuk acara pembukaan. Seusainya, mahasiswa yang mendapak kelas di TC (kelas 7-13) bertolak ke TC. Di kelas masing-masing ssudah ada 2 orang wali kelas. Mulailah materi hari pertama. Pemateri berasal dari kakak tingkat SI dan TC. Materi pembuka adalah mengenal tema LKMM Pra-TD tingkat IV ini. PATRIOT (Prestatif, Aktif, Tanggap, Kritis, Visioner, Tanggung Jawab). Lalu dilanjutkan materi-materi berikutnya hingga pukul 17.00 acara berakhir dan dilanjutkan esok harinya.

Hari Minggu, 11 Desember 2011 mahasiswa kembali mengikuti acara pada pukul 07.30 di kelas masing-masing. Kembali mereka menerima materi dan dituntut aktif untuk memperebutkan smiley yang sejak hari sebelumnya diberikan kepada peserta yang aktif menjawab maupun bertanya. Namun materi diakhiri pada pukul 15.00 dan dilanjutkan simulasi total di lapangan TC berupa penyusunan lambang FTIf dan membentuk huruf F-T-I-f lewat para peserta yang baris menyerupai huruf itu dan dipertegas dengan tali rafia. Seusainya semua mahasiswa dikumpulkan di aula untuk penutupan. Acara penutupan diisi dengan menampilkan video selama acara lalu dilanjutkan pemberian penghargaan bagi peserta teraktif. Acara ditutup pukul 18.00.

2 comments:

  1. Selalu asik saat ikut diklat TD, terkadang suka terkadang pusing juga saat ada part menejemen konflik

    konveksi jas almamater
    jas almamater di surabaya
    jas almamater ITS

    ReplyDelete
  2. bagus banget, terimakasih infonya semoga bermanfaat. https://shopee.co.id/Madu-Anak-Susah-Makan-SQUABUMIN-BPOM-Asli-Bantu-Atasi-Speach-Delay-Si-Kecil-i.544441521.13430747227

    ReplyDelete