Pages

Tuesday 13 December 2011

Melucu di Depan Kelas

Hai Pemenang!


Hari Senin, 12 Desember 2011, mata kuliah Keterampilan Interpersonal (KI) yang diajar oleh Pak Holil mengadakan penilaian presentasi cerita lucu. Mau tidak mau semua mahasiswa harus masuk kelas untuk dapat nilai. Hmmm... Seru banget berada dalam kelas selama dua setengah jam. Apa lagi setiap anak memiliki penyajian yang unik di setiap presentasi.


Ada anak yang bingung mau cerita apa, namun ada juga yang sudah siap. Kalau melihat mahasiswa yang belum siap maka mereka condong bingung. Nah ada ketakutan baru bagi beberapa mahasiswa. Mereka bukan hanya takut tampil di depan kelas, namun mereka takut ceritanya gak lucu. Ada pula mahasiswa yang bercerita dulu kepada temannya. Ada yang kebelet pipis. Ada pula yang santai karen tidak ada bahan cerita.


Over all, dari yang sudah berani tampil, mereka punya gaya khas sendiri dalam berbicara di depan. Mungkin banyak yang masih canggung dan ragu. Tapi yang dinilai adalah adanya perubahan dari presentasi dengan nanti di akhir semester.


Dari semua presentasi yang ditampilkan, saya sangat terkesan dengan presentasi salah satu teman saya, Rendy. Presentasinya cenderung unik, beda dari yang lain. Dia mengajak penonton berinteraksi dan mengajak pula salah satu teman sekelas kami, Nita, untuk maju menemaninya bernyanyi. Betapa terkejutnya kami kalau Rendy menyanyikan lagu soundtrack Doraemon dalam bahasa Jawa dan mengarahkannya untuk Nita. Yang saya terkesan adalah pada bagian terakhir lagu itu. Liriknya mengatakan, "... Aku tresno karo.. Doraemon". Rendy mengatakan lirik itu sambil menunjuk Nita. Mungkin hal ini bisa digunakan menjadi sarana untuk menembak teman yang kita suka. Atau bahkan suatu hari nanti bisa menjadi tren.


Namun semuanya adalah permulaan. Bercerita lucu bukanlah hal yang mudah bagi mahasiswa berkarakter serius dan tidak bisa membawa suasana humor. Sebenarnya bercerita lucu itu yang dibutuhkan adalah pembawaan setiap anak sehingga membuat cerita tersebut lebih hidup.

Kuliah hari itu benar-benar membuat saya menenangkan otak mahasiswa dari banyaknya tugas akademik dan non akademik. Kuliah diakhiri pukul 12.30 setelah Pak Holil memberi komentar dan pembelajaran kepada mahasiswa.

2 comments:

  1. presentasimu tentang Nita-Iwan juga nggak kalah heboh dari rendy kok ren :p

    ReplyDelete
  2. wakakakak... yang sangar tu si rendy yang bilang nita doraemon.. ckckck.. wkwkwk

    ReplyDelete